STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS ONLINE DALAM PENERIMAAN CALON SISWA BARU (Studi Kasus Pada SMP-IT Madani Kab. Purbalingga)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan
oleh SMP IT Madani, dalam penerimaan calon siswa baru untuk menarik minat orang tua
calon siswa baru, dan mengetahui media online yang digunakannya.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Determinisme Teknologi, teori
Newmedia online, dan teori AIDA. Metodologi penelitian kualitatif, dengan paradigma
konstruktivisme, dan menggunakan pendekatatan metode studi kasus, pengumpulan datanya
melalui hasil wawancara dengan narasumber dan observasi dilapangan, serta sebagai data
pendukung dengan menggunakan kuesioner terbuka kepada wali murid dan siswa-siswi
kelas VII SMP IT Madani Kab. Purbalingga.
Hasil dan kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran
berbasis online dalam penerimaan calon siswa baru SMP IT Madani Kab. Purbalingga,
merupakan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dalam menarik minat dan
menumbuhkan kesadaran calon orang tua siswa baru, untuk melakukan dan mendaftarkan
putera-puterinya ke SMP IT Madani Kab. Purbalingga. strategi yang digunakan adalah Bauran
promosi yang juga disebut Bauran Komunikasi Pemasaran yang terdiri dari advertising,
personal selling, sales promotion, public relation, direct marketing dan internet marketing.
Untuk menghadapi persaingan yang ketat dalam mempromosikan sekolah tanpa harus
mengunjungi sekolah, melalui Media online seperti Website online resmi SMP IT Madani,
Video sekolah, Youtube, Whatsapp, dan facebook yang berisikan tentang brosur sekolah,
kegiatan sekolah, PPDB online, sebagai media yang dapat menjangkau target pasar yang lebih
luas dengan biaya yang tidak mahal, serta media yang tepat pada era New Media.