Efektivitas LKMM-TD Dalam Penguatan Kepemimpinan Mahasiswa Di Institut Pariwisata Trisakti

  • Muhammad Inas Nismara Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • RMW Aghie Pradhipta Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Perguruan tinggi tidak hanya berperan menghasilkan lulusan unggul secara akademik, tetapi
juga memiliki fungsi strategis dalam membentuk karakter, kepemimpinan, dan kapasitas sosial
mahasiswa. Program kepemimpinan mahasiswa telah terbukti di berbagai negara mampu
meningkatkan keterampilan kolaborasi, tanggung jawab sosial, serta motivasi akademik.
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa
Tingkat Dasar (LKMM-TD) 2025 di Institut Pariwisata Trisakti. Penelitian menggunakan desain
kuasi-eksperimen dengan model one group pre-test–post-test design pada 89 mahasiswa (80,9%
vokasi/D4 dan 19,1% akademik/S1). Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang disusun
berdasarkan enam materi inti LKMM-TD, didukung dengan observasi fasilitator dan dokumentasi
kegiatan. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor post-test (M = 88,43; SD = 11,93)
dibandingkan pre-test (M = 75,34; SD = 13,14), dengan Z = -6,918; p < 0,05. Temuan ini
membuktikan efektivitas LKMM-TD dalam memperkuat kepemimpinan, komunikasi, dan
manajemen organisasi mahasiswa. Penelitian ini berkontribusi pada literatur kepemimpinan di
pendidikan tinggi pariwisata yang masih jarang dieksplorasi, sekaligus mendukung agenda
capacity building dan SDG 4.
Kata kunci : LKMM-TD, kepemimpinan mahasiswa, keterampilan Katz, komunikasi,
capacity building

Published
2025-11-01