Peran Teknologi terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas: Perspektif Psikologi Pendidikan di Indonesia

  • Diana Christiany Malau Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Aurora Putri Astari Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Triana Indrawati Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Tri Nathalia Palupi Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan pada dunia pendidikan,
khususnya di Indonesia. Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang merupakan generasi digital
native cenderung memiliki ketertarikan tinggi terhadap penggunaan teknologi dalam kehidupan
sehari-hari, termasuk dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran
teknologi terhadap peningkatan minat belajar siswa SMA dari perspektif psikologi pendidikan.
Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan 100 responden siswa SMA. Instrumen
penelitian berupa kuesioner skala Likert untuk mengukur pengaruh penggunaan teknologi terhadap
minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam
pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa
dengan nilai R2 sebesar 0,55 dan nilai F-statistic yaitu 5,35 < 0.001.
Kata kunci : teknologi pendidikan, minat belajar, psikologi pendidikan

Published
2026-03-01