PENGARUH ISI PESAN INSTAGRAM@MAGANGMERDEKA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI PROGRAM MAGANG MERDEKA

  • Falika Anindya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ana Kuswanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Mohamad Ghozali Moenawar Universitas Al-Azhar Indonesia
Keywords: Instagram, Isi Pesan, Magang Merdeka, MinatMahasiswa, Teori Respon Kognitif, Word of mouth

Abstract

Program Magang Merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbud telah menjadi fenomena populer
di kalangan mahasiswa Indonesia. Pada pelaksanaan magang merdeka batch 7, terjadi
pengurangan kuota hingga 50% yang menyebabkan ketidaknyamanan, meskipun antusiasme
mahasiswa masih tetap tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh isi pesan
Instagram @magangmerdeka dan word of mouth (WOM) terhadap minat mahasiswa dalam
mengikuti program magang merdeka. Penelitian ini menggunakan teori respon kognitif yang
mengatakan bahwa khalayak akan berpartisipasi secara aktif dalam proses penerimaan dan
evaluasi informasi berdasarkan sikap dan pengetahuan mereka sebelumnya, pada akhirnya akan
mengubah sikap mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan
populasi sebanyak 33.610 mahasiswa dan sampel 203 responden yang dipilih menggunakan
rumus Taro Yamane dengan margin of error 7%. Hasil analisis regresi linear berganda X1
menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,0923 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa variabel X1
tidak memiliki pengaruh terhadap variabel dependen, pada X2 menunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa variabel X2 memiliki pengaruh terhadap
variabel dependen. Berdasarkan uji koefisien determinasi, isi pesan instagram @magangmerdeka
dan word of mouth (WOM) berpengaruh sebesar 56%terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti
program magang merdeka, sementara 44% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel isi
pesan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa, sementara variabel WOM
memiliki pengaruh yang signifikan. Uji hipotesis simultan menunjukkan adanya pengaruh
bersama antara isi pesan dan WOM terhadap minat mahasiswa.

Published
2025-11-30