Hospitality: Sejarah dan Perkembangannya dalam Manajemen Pariwisata

  • Posma Sariguna Universitas Kristen Indonesia
  • Johnson Kennedy Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Studi ini membahas perjalanan panjang sejarah mengenai hospitality/keramahan sebagai aspek penting
dalam hubungan antarindividu dan kelompok. Dalam sejarah hospitality, peran keramahan dalam kelompok
sosial terlihat, seperti dalam keluarga kerajaan atau bangsawan. Metodologi studi ini adalah kualitatif, dengan
menggunakan pendekatan pemahaman dokumen dan literatur untuk mengkaji perkembangan hospitality.
Dalam konteks hospitality, terdapat tiga jenis keramahan, yaitu hospitality pribadi, hospitality dalam
kepentingan sosial (disediakan oleh institusi nonkomersial seperti organisasi keagamaan dan pemerintah),
dan hospitality komersial (disediakan untuk keuntungan, seperti hotel dan restoran). Hospitality/keramahan
sangat dipengaruhi oleh kenyamanan dan empati, dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan dan niat untuk kembali berkunjung. Implementasi konsep ini memerlukan langkah-langkah
keberlanjutan dan perhatian terhadap manajemen organisasi, pelaku pariwisata, dan hubungan eksternal.


Kata kunci : Hospitality, Sejarah, Pariwisata

Published
2024-07-02