Persepsi Pola Asuh Permisif dan Pembelajaran Mandiri dengan rokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK Panjatek Kota Bekasi

  • Nur Azizah Ulayya Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • RR. Dini Diah Nurhadianti Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pola asuh permisif dan pembelajaran
mandiri dengan prokrastinasi akademik pada siswa dan siswi SMK Panjatek Kota Bekasi. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Proporsional Random Sampling,
dengan jumlah sampel 108 subjek. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang
signifikan antara persepsi pola asuh permisif dengan prokrastinasi akademik (r = 0,698) dan terdapat
hubungan negatif yang signifikan antara pembelajaran mandiri dengan prokrastinasi akademik (r = -
0,792). Selanjutnya, hasil uji analisa data dengan Multivariate Correlation untuk mengukur hubungan
antara persepsi pola asuh permisif dan pembelajaran mandiri dengan prokrastinasi akademik
memperoleh nilai R = 0,796 R square = 0,633 dan p = 0,000 ; < p = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya
hubungan antara persepsi pola asuh permisif, pembelajaran mandiri, dan prokrastinasi akademik pada
siswa SMK Panjatek Kota Bekasi.


Kata kunci : Prokrastinasi Akademik, Persepsi Pola Asuh Permisif, Pembelajaran Mandiri.

Published
2024-07-02