Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal Dan IklimSekolah Terhadap Cyberbullying Remaja di SMAN 24 Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, komunikasi
interpersonal dan iklim sekolat terhadap cyberbullying remaja di SMAN 24 Jakarta. Metode
penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian siswa – siswi kelas xi dengan
jumlah responden 125 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel size. Selanjutnya
analisis data yang diolah menggunakan regresi linier berganda, dan uji simultan. Dari hasil
penelitian menunjukan terdapat pengaruh kecerdasan emosional, komunikasi interpersonal dan
iklim sekolah terhadap cyberbullying, hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung 41.788 > Ftabel 3.07 dengan
signifikan 0.000 < 0,05 dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. koefisioen determinasi sebesar
0.509. atau dapat dinyatakan 50,9% dipengaruhioleh variabel penelitian sedangkan 49,1% lainnya
diperngaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal, Iklim Sekolah,
Cyberbullying