Pengaruh Konformitas dan Regulasi Diri Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Pemain Genshin Impact
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan regulasi diri terhadap perilaku
impulsive buying pada pemain Genshin Impact. Sampel penelitian berjumlah 368 orang pemain
Genshin Impact, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui
skala model likert yang dikonstruksi sendiri oleh penulis, mencakup skala konformitas, skala
regulasi diri, dan skala impulsive buying. Pengolahan data penelitian ini dilaksanakan melalui JASP
0.18.3.0 for windows. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa konformitas dan
impulsive buying berpengaruh terhadap perilaku impulsive buying pada pemain Genshin Impact,
secara simultan namun tidak secara parsial, dimana regulasi diri tidak berpengaruh terhadap perilaku
impulsive buying pada pemain Genshin Impact. Kontribusi konformitas dan regulasi diri secara
bersamaan terhadap perilaku impulsive buying pada pemain Genshin Impact sebesar 5,9%
(didominasi oleh konformitas sebesar 5,7%), sedangkan kontribusi 94,1% lainnya berasal dari
faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil kategorisasi, perilaku
impulsive buying pada pemain Genshin Impact ditemukan sebagian besar pada tingkatan sedang.