Peran Guru dalam Menggunakan Strategi Role-Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

  • Angel Theresia Tampubolon Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Clara Sillitonga Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam menggunakan strategi roleplaying
untuk meningkatkan minat belajar siswa pada Pendidikan Agama Kristen (PAK).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka (literature review)
dengan menelaah jurnal, buku, dan penelitian terkini yang relevan. Hasil kajian menunjukkan
bahwa penerapan role-playing secara signifikan meningkatkan minat belajar, motivasi,
partisipasi, dan pemahaman materi siswa, serta menumbuhkan keterampilan sosial, kreativitas,
tanggung jawab, dan internalisasi nilai Kristiani. Peran guru sangat penting dalam merancang
skenario menarik, membimbing interaksi siswa, dan memfasilitasi refleksi nilai moral,
sehingga pembelajaran tidak hanya kognitif tetapi juga afektif dan spiritual (Amsal 22:6;
Kolose 3:23). Temuan ini menegaskan bahwa role-playing merupakan strategi pembelajaran
yang efektif, menyenangkan, dan bermakna, yang mendukung pencapaian akademik sekaligus
pembentukan karakter dan spiritualitas siswa.
Kata Kunci : Bermain peran; Pendidikan Agama Kristen; Minat belajar

Published
2025-11-30