Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Jasa Freight Forwarding Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Semoga Sukses Logistik

  • Yogi Priambodo
  • Resista Vikaliana
  • I Nyoman Purnaya
Kata Kunci: kualitas pelayanan, ketepatan waktu, kepuasan pelanggan, ekspedisi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan
waktu jasa ekspedisi terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini melibatkan 30
responden sebagai sampel penelitian yang dipilih berdasarkan teknik nonprobability
sampling yaitu sampling jenuh. Menurut Sugiyono, sampling jenuh adalah teknik
pengambilan sampel yang sering digunakan apabila semua anggota populasi dijadikan
sampel; jumlah penduduk umumnya relatif kecil, yaitu kurang dari 30 responden.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Metode analisis data
yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis linier
berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi dengan bantuan
SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan
dan ketepatan waktu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai
signifikansi sebesar 0,36 > 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 3,781 > Ftabel 2,92. Secara
simultan harga dan ketepatan waktu juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan dengan nilai 16%; sisanya 84% dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Artinya H0 ditolak dan H3 diterima.

Diterbitkan
2021-10-28