Proyeksi Masyarakat 5.0 Melalui Model Pembelajaran Berlandaskan Hots Di Perguruan Tinggi

  • Wijayanti Wijayanti
  • Susi Yunarti
  • Dian Harmaningsih
Kata Kunci: Masyarakat 5.0, Model Pembelajaran, HOTS, Proyeksi

Abstrak

Penulisan artikel penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perlunya
pengembangan model dan metode pembelajaran yang berlandaskan HOTS di
perguruan tinggi dalam rangka mempersiapkan mahasiswa agar nantinya
dapat berkontribusi secara positif pada pengembangan masyarakat 5.0.
Metode penelitian adalah deskriptif analitis dengan melakukan observasi dan
wawancara terhadap 30 mahasiswa di dua Perguruan Tinggi di Jakarta. Hasil
penelitian menunjukan telah terjadi kontradiksi antara keharusan
melaksanakan belajar secara daring yang menuntut keterampilan digital
mahasiswa untuk lebih berkembang lagi dengan kebutuhan pengembangan
HOTS. Kemampuan digital yang menjadi syarat kualitas manusia pada era
industri 4.0 harus tetap dilengkapi dengan kemampuan cara berpikir yang
problem solving, kritis, kreatif dan inovatif. Untuk kedepannya bisa
memproyeksikan masyarakat 5.0.

Diterbitkan
2021-10-28