Kompetensi Komunikasi Customer Service Sebagai Pendukung Kepuasan Nasabah

  • Yanti Herawati
  • Siti Komsiah
Kata Kunci: Kompetensi Komunikasi, Customer Service, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keteratarikan peneliti untuk meneliti kompetensi
komunikasi customer service sebagai pendukung kepuasan nasabah dengan objek
penelitian Bank Central Asia KCP Pondok Ungu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
besaran pengaruh kompetensi komunikasi customer service terhadap kepuasan nasbah.
Penelitian ini menggunakan teori The Excellent of PR. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
nasabah BCA KCP Pondok Ungu sebanyak 101 orang. Teknik penarikan sampel yang
digunakan adalah non probability dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian
menunjukan adanya pengaruh kompetensi komunikasi customer service terhadap kepuasan
nasbah sebesar 67,2%, lalu 32,8% dipengaruhi hal lain yang tidak terdapat dalam penelitian
ini.

Diterbitkan
2021-10-28