Perempuan Desainer Berdikari dalam Industri Kreatif di Indonesia
Abstrak
Penulisan ini memaparkan praktik kerja tiga perempuan desainer dalam sektor informal industri kreatif
di Indonesia. Kekhasan kerja perempuan desainer dalam mendesain dan membangun merek produk-produk
lokal-domestik, fesyen, dekorasi dan aksesori yang dikerjakan dalam studio berbasis rumahan menjadikan
mereka mandiri secara finansial. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan kemampuan perempuan desainer
bernegosiasi di tengah konstruksi masyarakat yang masih membebani perempuan dengan kesibukan
domestik justru dapat berdikari mengembangkan bisnisnya sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan keberlanjutan bisnis antara lain: gaya personal desain, kemampuan memahami pasar,
penguasaan teknologi komputer dan pemanfaatan media komunikasi seperti media sosial maupun website.
Sosok berdikari perempuan desainer dalam sektor informal ini secara tidak langsung berkontribusi dalam
kemakmuran ekonomi di Indonesia.