Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar

  • Renaldo Adam Setiawan
  • Happy Indira Dewi
Kata Kunci: ProblemBasedLearning,BerpikirKritis,Matematika,Anak Sekolah Dasar

Abstrak

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang yang menyajikan permasalahan
di awal pembelajaran pada kehidupan nyata siswa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis sebanyak dua kelas dengan jumlah 64 siswa kelas V di SDN Tomang 01
pada tahun ajaran 2023/2024. Model dalam penelitian ini adalah dengan jenis kuantitatif dengan
desain true-eksperimen design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa posttest only
control design. Jumlah seluruh populasi terdiri dari kelas V yaitu terdiri dari kelas V A sebanyak 32
siswa, V B sebanyak 32 siswa dan V C sebanyak 32 siswa. Populasi yang digunakan yaitu dua kelas
yang diambil sebagai sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas
V A dan kelas V B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa
tes kemampuan berpikir kritis matematis. Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji t
diperoleh thitung = 4,39 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ha
diterima, artinya terdapat pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir
kritis matematis siswa kelas V di SDN Tomang 01

Diterbitkan
2024-02-22