Strategi Komunikasi Biro Humas KPK Dalam Meningkatkan Reputasi Lembaga Melalui Aktivitas Media Relations
Abstrak
Strategi komunikasi humas menerapkan proses perencanaan komunikasi secara komprehensif dalam
membentuk perspektif publik dan membangun relasi lembaga melalui serangkaian aktivitas media relations.
Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas dalam meningkatkan reputasi lembaga
melalui aktivitas media relations di Biro Hubungan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Teori yang digunakan yaitu Relationship Management Theory, pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan
wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi
Biro Humas KPK melalui media relations meliputi analisis situasi, pengembangan rencana, implementasi
rencana dan mengukur hasil usaha. Penelitian ini juga menghasilkan manajemen relasi lembaga berdasarkan
aspek manajemen reputasi yang meliputi stakeholders experience, corporate messaging dan media
conversation.