Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya

  • Anindya Dwi Cahyani Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Nana Trihamna Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Rizqina Mauladan Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Siti Farida Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Veny Aisyah Rachmawati Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Riny Kusumawati Universitas Djuanda, Bogor
Kata Kunci: Indeks kepuasan masyarakat Pelayanan kesehatan Kepuasan Pasien Kualitas Layanan Pelayanan publik

Abstrak

Kepuasan masyarakat adalah keadaan terpenuhinya kegiatan, harapan dan kebutuhan komunitas
atau masyarakat. Ketika masyarakat tidak puas terhadap pelayanan yang ada maka pelayanan
tersebut pasti tidak akan berjalan secara efisien dan efektif. Kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan ialah faktor penting ketika mengembangkan sistem pelayanan yang memenuhi
kebutuhan masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang didirikan oleh
pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat yaitu berupa Rumah Sakit
Umum. Maka dengan ini, tujuan artikel ini yakni mengetahui tingkat kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan medis yang diberikan RS Wiyung Sejahtera Surabaya. Metode yang
digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dengan memanfaatkan kuesioner
Google Form. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan membagikan Google Formulir
kepada individu yang menerima pengobatan dan berpartisipasi. Berdasarkan penelitian ini,
beberapa pihak menyimpulkan bahwa proses pelayanan RS Wiyung Sejahtera Surabaya sangat
memuaskan dan standar pelayanan sesuai SOP.

Diterbitkan
2025-07-02