KERENTANAN IKM DIGITAL DI DAERAH (STUDI PADA APLIKASI MILIBEY.COM DI KALIMANTAN TENGAH)
KERENTANAN IKM DIGITAL DI DAERAH (STUDI PADA APLIKASI MILIBEY.COM DI KALIMANTAN TENGAH)
Abstrak
ABSTRAK
Dalam menunjang pemasaran yang efektif bagi IKM di Indonesia mulai dibuat berbagai aplikasi agar para
konsumen bisa membeli produk secara langsung, selain itu juga kondisi global membuat IKM berlomba-lomba
memasarkan produknya. Salah satu yang menjadi terobosan dalam menyambut era global bagi IKM di
Kalimantan Tengah dibuatlah aplikasi milibey.com sebuah aplikasi pemasaran bagi IKM yang dibuat oleh dinas
terkait, sejak aplikasi ini di-launching, tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan baik. Ada kerentanan secara
internal dan eksternal sehingga aplikasi yang seharusnya menjadi sarana bagi IKM di Kalimantan Tengah untuk
memasarkan produknya menjadi terkendala.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerentanan pada aplikasi milibey.com yang mengakibatkan banyak
IKM di Kalimantan Tengah tidak berjalan dengan baik, dan hal ini mempunyai dampak bagi pemasaran produk
mereka.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan data primer
penelitian didapat melalui wawancara mendalam dengan 7 (tujuh) pelaku IKM yang tergabung dalam group
milibey.com sebagai key informan dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, aplikasi milibey.com mampu memberikan pengetahuan bagi para
pelaku IKM tentang pemasaran yang efektif bagi produk yang dihasilkan. Kedua, aplikasi ini ternyata
mengalami kerentanan secara internal dari sisi pelaku IKM, dan secara eksternal dari dinas terkait yang
membawahi para pelaku IKM. Atas dasar tersebut disarankan adanya kerja sama yang sinergis sehingga IKM
dan pihak dinas terkait bisa mengembangkan aplikasi ini yang bisa memajukan IKM yang ada di Kalimantan
Tengah untuk pemasaran produknya.