ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN IMAGE PADA SEBUAH UNIVERSITAS (STUDI KASUS UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA)

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN IMAGE PADA SEBUAH UNIVERSITAS (STUDI KASUS UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA)

  • Yana Yetiska

Abstrak

ABSTRAK
Strategi Komunikasi Pemasaran dalam meningkatkan image Universitas Kristen Indonesia, dan
mengetahui pertimbangan konsumen dalam memilih perguruan tinggi Universitas Kristen Indonesia sebagai
tempat sarana menimba ilmu pendidikan. Perguruan tinggi merupakan salah satu jasa yang dapat ditawarkan
oleh suatu instansi kepada masyarakat, dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Strategi yang dapat kita terapkan dalam merebut pasar calon mahasiswamahasiswi
terdapat 3 tahap, yaitu segmenting, targeting, dan positioning. Narasumber dalam penelitian ini ialah
karyawan-karyawan Universitas Kristen Indonesia dengan jumlah pertanyaan 19 pertanyaan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran pada sebuah universitas yang dilakukan penelitian pada
universitas kristen indonesia dengan hasilnya ialah melakukan periklanan melalui media cetak, radio, dan juga
melalui sponsorship. Word of mouth cukup sangat berpengaruh untuk mempromosikan Universitas Kristen
Indonesia kepada kalangan calon mahasiswa-mahasiswi yang sedang mencari tempat untuk menimba ilmu.
Selain itu Universitas Kristen Indonesia melakukan beberapa kegiatan events open house, melakukan
pendekatan kepada warga sekitar Universitas Kristen Indonesia dengan membuat acara buka puasa bareng dan
mengundang uztad. Pemasaran langsung yang dilakukan melalui social media twitter, instagram, facebook, dan
beberapa hal lainnya yaitu adanya beasiswa terbuka kepada setiap calon mahasiswa-mahasiswi dan juga
membangun citra merek universitas kristen dengan sesuai nilai-nilai kristiani.

Diterbitkan
2018-11-19