E-Modul Ecoprint Teknik Steam
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa E-modul Ecoprint
Teknik Steam sebagai alternatif sumber belajar mandiri pada mata kuliah Desain Tekstil khususnya
materi Ecoprint, serta untuk mengetahui penilaian kelayakan e-modul yang dikembangkan
berdasarkan karakteristik e-modul dan elemen multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian
R&D (Research and Development) yang dikembangkan dengan model pengembangan 4D (Define,
Design, Develop, Disseminate). Kelayakan e-modul sebagai media pembelajaran dinilai
berdasarkan karakteristik modul yang terdiri dari Self instructional, Self contained, Stand Alone,
Adaptive, User friendly, serta elemen multimedia yang terdiri dari Teks, Gambar, Audio, dan Video.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan berdasarkan karakteristik modul mendapatkan
persentase sebesar 94,04% dengan persentase tertinggi diperoleh pada indikator self contained dan
adaptive serta persentase terendah diperoleh pada indikator stand alone. Sementara itu, kelayakan
berdasarkan elemen multimedia mencapai persentase sebesar 97,79% dengan persentase tertinggi
diperoleh pada indikator teks dan video, serta persentase terendah diperoleh pada indikator audio.
Secara keseluruhan, penilaian kelayakan e-modul ecoprint teknik steam mendapatkan persentase
sebesar 95,72 % sehingga e-modul ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media
pembelajaran digital pada mata kuliah Desain Tekstil dan dapat digunakan sebagai media
pembelajaran mahasiswa secara mandiri.
Kata Kunci: E-modul, Ecoprint, Teknik Steam, Media Pembelajaran

