EKRANISASI KARYA SASTRA TRAVELING SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA INDONESIA

  • Fifi Nofiyanti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Rina Fitriana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Ira Mayasari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstrak

Penelitian ini tentang ekranisasi karya sastra traveling sebagai media promosi
wisata Indonesia. penelitian ini untuk mengetahui tiga karya sastra traveling yang
dipilih sebagai objek penelitian. Novel tersebut telah melakukan ekranisasi atau
alihwahana novel menjadi film yang mampu menjadi media promosi wisata.
Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam
penelitian ini menggunakan alat bantu kuisioner dan wawancara, selain melihat
secara langsung keadaan di lokasi penelitian yang sesuai dengan novel dan
ekranisasi film. Teknik pengumpulan data dengan kajian literatur hingga
menentukan 3 novel yang melalui ekranisasi (alih wahana novel menjadi film),
serta melakukan survei pada lokasi-lokasi yang diceritakan dalam novel dan
pengubahan film. Hasil penelitian diperoleh bahwa novel laskar pelangi, 5 cm,
dan dilan 1990 dikaji dengan teori promosi berkaitan dengan menginformasikan,
mempengaruhi, dan membujuk. ketiga novel tersebut mampu menerapkan 3 poin
promosi, sehingga objek wisata yang diceritakan dalam novel dapat
mendatangkan wisatawan. Laskar pelangi di Belitung berhasil mendatangkan
wisatawan bukan hanya di objek laskar pelangi (pulau batu berlayar), namun
membawa wisatawan ke objek lokasi lainnya. Proses ekranisasi novel 5 cm
menjadi film layar lebar berhasil membuat para penonton terpengaruh dan
terbujuk untuk melihat secara langsung lokasi yang terdapat pada film tersebut.
Ekranisasi dari novel Dilan 1990 mendatangkan wisatawan ke jalan Asia Afrika di
Bandung, lokasi yang dijadikan pusat wisata bagi pengunjung ke Bandung. Hal ini
menjadi alat bantu promosi wisata, karena dapat meningkatkan jumlah wisatawan
pada lokasi tersebut. Belitung yang tidak pernah diketahui masyarakat, kini
menjadi objek wisata bagi masyarakat.

Diterbitkan
2019-11-14