PENGARUH ANAK DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH TINGGAL

  • Hanif Aulawi
  • Shalahuddin Shalahuddin Universitas Bina Insani

Abstrak

Beberapa tahun terakhir pembangunan di Indonesia berjalan sangat pesat. Tidak hanya
diperkotaan, bahkan sampai ke pelosok sekalipun pembangunan disegala bidang sedang
digiatkan. Salah satu pembangunan yang sangat tumbuh dan berkembang adalah pembangunan
perumahan residensial. Hampir disetiap kota pasti ada perumahan baru. Bukan hanya dikota
besar, melainkan didaerah pinggiran juga sangat pesat. Tempat tinggal adalah salah satu
kebutuhan dasar manusia. Bukan hanya sekedar tempat tinggal, tetapi tempat tinggal yang layak.
Karena dengan tempat tinggal yang layak maka keluarga yang harmonis bisa terbentuk. Keluarga
terdiri dari orang tua dan anak. Anak adalah buah hati dalam pernikahan. Bagi marketer anak
bukan hanya dijadikan sebagai target market, tetapi juga sebagai media dalam berpromosi.
Ditahun 90an pada majalah anak-anak Bobo, pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia suatu
perusahaan mobil memasang iklan di majalah tersebut. Majalah yang ditujukan untuk anak-anak
terdapat iklan mobil. Bukan itu saja pada majalah edisi tersebut juga dilampirkan bonus berupa
prakaya kertas lipat yang bila dilipat dan ditempel akan membentuk suatu mobil. Hal ini sangat
menarik, anak yang belum memiliki daya beli tetapi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi
orang tua mereka dalam pembelian suatu produk. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh anak dalam proses pengambilan keputusan pembelian rumah tinggal. Hasil
penelitian menunjukkan anak memiliki pengaruh dalam proses pengambilan keputusan
pembelian rumah tinggal dalam keluarga, baik secara langsung maupun tidak langsung

Diterbitkan
2019-11-14