Sistem Informasi Evaluasi Teknik Pengajaran Dosen Menggunakan Fuzzy Logic (Studi Kasus: Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta)

  • Mariska Marlia Dwi Purnamawati Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Keywords: website, Fuzzy Logic, Evaluasi Teknik Pengajaran Dosen

Abstract

Tujuan perguruan tinggi mengevaluasi teknik pengajaran mata kuliah dosen ini adalah untuk
mengetahui tingkat prestasi mengajar dosen dalam hal pengajaran. Tujuan lain dari tindakan
evaluasi ini adalah pemberian penghargaan kepada dosen berprestasi dan memberikan sanksi
kepada dosen yang dinilai kurang baik dalam menjalankan tugas mengajarnya. Berdasarkan hal
tersebut, perguruan tinggi wajib mengevaluasi dan memantau teknik pengajaran dosen di
lingkungan akademiknya setiap periode tertentu guna menjaga mutu pendidikannya.
Sistem informasi evaluasi teknik pengajaran dosen ini dibangun dengan tujuan agar sistem
dapat diakses di semua perangkat seluler dan komputer pribadi yang terhubung dengan koneksi
internet. Kemudahan akses pada sistem informasi evaluasi teknis pengajaran dosen diharapkan
dapat mengurangi beban kerja staf dalam pendistribusian dan pengumpulan kuisioner. Sistem ini
juga diharapkan dapat mengurangi biaya pengeluaran terkait pencetakan kuisioner.
Sistem informasi evaluasi teknik pengajaran dosen juga dapat menampilkan laporan dan
menghitung persentase kinerja masing-masing dosen dari hasil pemungutan suara yang dilakukan
secara online melalui sistem ini. Hasil perhitungan persentase baik teknik mengajar dosen yang
baik maupun buruk didasarkan pada metode logika fuzzy untuk mendukung hasil persentase yang
mendekati nilai akurat.

Published
2021-10-16