Strategi Kolaborasi Branding Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk

  • Ahmad Zakiy Ramadhan STIKI, Malang
Keywords: Co-Branding, Aerostreet, Strategi Pemasaran, Brand Lokal, Top of Mind Awareness.

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi co-branding yang diterapkan oleh Aerostreet, sebuah brand
sepatu lokal yang didirikan pada tahun 2015 di Klaten, dalam upaya meningkatkan top of mind
awareness dan memperluas pangsa pasar. Aerostreet berhasil menarik perhatian pasar melalui
kolaborasi dengan berbagai brand besar yang dikenal luas, termasuk dari luar industri fesyen
seperti Swallow, Le Minerale, dan Luwak White Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis alasan di balik keputusan Aerostreet melakukan co-branding, mengidentifikasi
bentuk kolaborasi, dan mengevaluasi strategi yang diterapkan. Dengan menggunakan metode
kualitatif melalui wawancara, observasi, dan kajian pustaka, hasil penelitian menunjukkan bahwa
co-branding berhasil meningkatkan kesadaran merek dan daya saing Aerostreet. Temuan ini
memberikan wawasan praktis bagi merek lokal lainnya untuk mengadopsi strategi serupa,
meningkatkan efektivitas pemasaran, dan memperkuat posisi mereka di pasar.

Published
2024-06-28