Kompetensi Komunikasi Pemasaran Dan Peningkatan Skill Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana UMKM Desa Merak Banten
Abstrak
UMKM mempunyai kontribusi besar dalam perekonomian nasional. Komunikasi pemasaran produk
merupakan kendala bagi peningkatan penjualan para pelaku UMKM. Skala usaha yang masih kecil, dimiliki
dan dijalankan sendiri, maka strategi pemasaran UMKM cenderung terjadi secara spontan, apa adanya, dan
tidak focus. Dengan kondisi apa adanya, sector UMKM rata – rata hanya mampu jalan ditempat atau dengan
istilah lain hanya mampu bertahan hidup. Pelaku UMKM Desa Merak Kecamatan Sukamulya Balaraja
Tangerang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan produk mereka. Kompetensi
komunikasi atau strategi pemasaran sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM. Setiap bisnis yang
dijalankan penting untuk dapat menerapkan komunikasi atau strategi yang tepat dan sesuai dengan kubuthan
target marketnya. Salah satu strategi yang penting bagi UMKM merupakan strategi pemasaran, hal ini
memiliki peranan yang penting karena keberlangsungan bisnis dari UMKM yang sangat tergantung dari
cashflow yang positif dari UMKM tersebut. Selai itu juga para pelaku UMKM membutuhkan pengetahuan
keterampilan terkait penyusunan keuangan sederhana dalam menjalankan usaha mereka. Seringkali uang
pribadi mereka tercampur dengan uang modal usaha mereka, sehingga kesulitan memanage atau mengatur
perencanaan keuangan mereka. Terkait pengetahuan tentang perpajakan para pelaku UMKM di desa mereka
juga masih banyak yang belum memahami