Kampanye Layanan Masyarakat Melalui Broadcast TV Programs Yang Menjadi Agenda Masyarakat (Studi Banding Broadcast TV Programs Korea)

  • Wijayanti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Susi Yunarti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Dian Harmaningsih Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengulas kembali fungsi media massa sebagai alat edukasi
melalui program-programnya, serta menjelaskan pentingnya program-program TV tetap menjadi agenda
masyarakat, sehingga kampanye layanan Masyarakat dapat berhasil dilakukan melengkapi fungsi media
massa tidak hanya sebagai media hiburan namun juga sebagai alat edukasi, informasi dan penanaman nilainilai
sosial. Mengacu pada teori Agenda setting dan teori Kultivasi. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif
menerapkan metode observasi, dokumentasi, dan literatur review, serta wawancara terhadap 70 mahasiswa
di dua perguruan tinggi di jakarta untuk pengumpulan datanya. Hasil penelitian, menjelaskan bahwa promosi
dan kampanye layanan masyarakat dapat dilakukan melalui berbagai program TV yang mencerminkan
berbagai kreatifitas, sementara melalui drakor kampanye sosial dapat disampaikan dalam adegan ataupun
dalam bentuk epilog diawal atau diakhir episode. Keberhasilan kampanye layanan Masyarakat akan
ditentukan apakah program tersebut menjadi agenda tontonan yang ditunggu oleh publik pemirsa TV dapat
dilihat dari share and rating dan lamanya bertahan sebagai program TV yang tetap diminati. Kesimpulan
media televisi dapat tetap eksis bila program-progamnya tetap menjadi agenda publik dengan demikian tujuan
program termasuk didalamnya untuk promosi atau kampanye layanan Masyarakat dapat dicapai. Novelty dari
penelitian ini adalah mengingatkan tetap pentingnya teori agenda setting dan perlunya strategi broadcast
dengan menyeimbangkan penempatan dan waktu tayang antara broadcast konvensional dengan digital.

Published
2024-10-26