Pengaruh Big Five Personality dan Self Efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi di Jabodetabek
Abstract
Proses pendidikan untuk menjadi Psikolog melibatkan berbagai mata kuliah magister dan
keprofesian yang harus diselesaikan. Mahasiswa sering menghadapi kendala seperti batas waktu,
praktik lapangan bersamaan, dan tekanan untuk segera lulus. antangan ini membuat mereka
kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan praktik yang tidak terduga, yang bisa memicu stres
akademik, penurunan motivasi, dan prokrastinasi. Berdasarkan survei, beban tugas perkuliahan
dipengaruhi oleh rendahnya keyakinan pada diri sendiri dan konsistensi, serta adanya kaitan antara
trait kepribadian dan prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa Magister Profesi Psikologi di
Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan pada trait extraversion,
conscientiousness, negative emotionality terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai P= 0.001<0,
05. Sedangkan pada trait agreeableness dan open mindedness tidak berpengaruh terhadap
prokrastinasi akademik. Namun, apabila dianalisa secara bersama-sama maka big five personality
berpengaruh secara signifikan. Selain itu, didapatkan juga self efficacy berpengaruh terhadap
prokrastinasi akademik dengan nilai nilai P= 0.001<0, 05.