Pengaruh Digital Marketing dan Inovasi Produk terhadap Peningkatan Penjualan UMK di Kecamatan Makassar Jakarta Timur
Abstract
ABSTRAK
Usaha Mikro dan Kecil (UMK) mempunyai peran vital dalam perekonomian Indonesia,
khususnya di wilayah urban seperti Kecamatan Makasar Wilayah Kota Jakarta Timur.
Peningkatan penjualan menjadi indikator utama keberhasilan UMK dalam menghadapi
persaingan dan dinamika pasar. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor
yang mempengaruhi Peningkatan Penjualan UMK melalui Digital Marketing dan Inovasi
Produk. Tujuan penelitian ini menguji signifikansi pengaruh digital marketing dan inovasi
produk, baik secara parsial maupun simultan, terhadap peningkatan penjualan UMK di
Kecamatan Makasar. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan
dengan menggunakan data primer melalui kuesioner yang disebar dengan google formulir
(gform), sementara data kualitatif dikumpulkan melalui studi literatur. Hasil analisis
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Pemasaran
Digital dan Inovasi Produk terhadap Peningkatan Penjualan UMK di Kecamatan Makasar,
baik secara parsial maupun simultan. Berdasaran perhitungan bahwa koefisien determinasi
bahwa kontribusi kedua variabel tersebut mampu menjelaskan 27,2% dari variasi
Peningkatan Penjualan UMK. Sementara itu, 72,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hal ini mengindikasikan perlunya penelitian
lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi
peningkatan penjualan UMK di Kecamatan Makasar Wilayah Kota Jakarta Timur.
Kata kunci : Pemasaran Digital, Inovasi Produk, Peningkatan Penjualan, UMK,
Makassar.

