Analisis Efektivitas Implementasi Digital Learning pada Masa Pandemik Covid-19

  • Paula Dewanti
  • Ni Putu Linda Santiari
  • Kadek Vishnu Vedamurthi
Kata Kunci: Covid-19, digital learning, e-learning, pembelajaran jarak jauh

Abstrak

Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya tentang implementasi
Digital Learning di beberapa negara sebagai Emergency Respond atas keadaan luar biasa
Pandemi Covid-19 berdasarkan perkembangan terbaru dari varian virus, dan meningkatnya
angka paparan virus, serta ketidakpastian akan berakhirnya masa pandemi ini yang
menyebabkan pembelajaran jarak jauh diberlakukan lebih lanjut. Pada studi ini, peneliti
melakukan perbandingan penerapan Pembelajaran Digital di Perguruan Tinggi Indonesia.
Penelitian lanjutan ini juga dilakukan untuk mendapatkan best practise dari kampuskampus
tersebut, termasuk Student Engagement dan Student Experience, yang diharapkan
mampu memberikan nilai lebih terhadap implementasi pembelajaran E-Learning saat ini.
Faktor ini perlu diteliti, untuk menganalisis apakah implemetasi pembelajaran digital
melalui E-Learning, merupakan langkah strategis yang efektif dan dapat memberikan
manfaat maksimal dalam proses pembelajaran di Perguruan Tinggi Indonesia. Metode
penelitian menggunakan studi perbandingan (Comparative Study), dimana data diperoleh
dari para nara hubung, melalui korespondensi. Data lain dari responden, di hitung
menggunakan Skala Likert untuk mengukur tingkat efektivitas pembelajaran virtual selama
masa pandemi. Dalam penelitian ini, responden angket efektivitas adalah mahasiswa dari
para pengajar (dosen) di masing-masing kampus yang menjadi fokus penelitian.

Diterbitkan
2021-10-28