PERSEPSI LAKI-LAKI DEWASA MUDA DALAM MEMANFAATKAN APLIKASI BUMBLE

  • Kezia Stella Ivana Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Kata Kunci: Citra Diri, Interaksionalisme Simbolik, Manajemen Impresi, Bumble

Abstrak

Aplikasi Bumble merupakan aplikasi kencan online yang sedang populer dikalangan dewasa muda. Aplikasi
bumble merupakan aplikasi yang mempertemukan lawan jenis dengan melihat informasi pada profil dari
mulai nama, umur, hobi, ketertarikan, dan kesukaan. Aplikasi ini dipercaya masyarakat dapat memberikan
solusi akan kecepatan bertemunya sebuah pasangan yang cocok. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk
mengetahui apa motivasi laki-laki dewasa muda dalam menggunakan aplikasi Bumble. Peneliti hanya
berfokus pada pengguna laki-laki aplikasi Bumble yang biasanya berperan sebagai pemegang kendali di
aplikasi lain, tetapi tidak di Bumble. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu
interaksionalisme simbolik dan manajemen impresi. Penelitian ini diteliti menggunakan metode kualitatif
jenis deskriptif dengan studi kontruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu observasi dan wawancara yang dilakukan kepada lima informan laki-laki pengguna aplikasi Bumble.
Berdasarkan hasil penelitian, motivasi laki-laki dalam menggunakan aplikasi Bumble bisa dinilai dari cara
mereka mengisi profil Bumble, dan topik obrolannya. Keputusan untuk memilih materi apa saja yang ingin
disampaikan kepada pengguna Bumble wanita di profil Bumblenya merupakan bentuk dari komunikasi nonverbal
dari konsep diri mind, self, and society yang dijelaskan pada teori Interaksionalisme Simbolik. Teori
manajemen impresi juga secara tidak langsung diaplikasikan oleh para informan saat membuka percakapan
dan meyakinkan pengguna Bumble wanita mengenai citra diri yang dibentuk dari profilnya.

Diterbitkan
2024-10-27