Kematangan Emosi dan Harga Diri dengan Kecenderungan Perilaku Asertif pada Siswa Kelas X
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan Kematangan
Emosi dengan Harga Diri pada Siswa kelas X di SMA Kartini 1. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling. Partisipan pada penelitian ini
berjumlah 103 Siswa Kelas X di SMA Kartini 1. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
metode bivariate correlation dan multivariate colleration melalui program JASP (Jeffrey’s Amazing
Statistics Program) versi 0.18.3.0. Hasil analisa menggungakan metode bivariate correlation
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Kematangan emosi dengan Kecenderungan
Perilaku Asertif (r = 0,287 dan p < 0,05), selanjutnya terdapat hubungan positif antara Harga Diri
dengan Kecenderungan Perilaku Aseritf (r = 0,264 dan p < 0,05). Selanjutnya hasil uji multivariate
colleration pada Hubungan antara Kematangan Emosi dan Harga Diri dengan Kecenderungan
Perilaku Asertif menghasilkan koefisien r = 0,355 dan R2 = 0,126, p < 0,05. Kematangan Emosi
memberikan kontribusi sebesar 8,2% terhadap Kecenderungan Perilaku Asertif dan Harga Diri
memberikan kontribusi sebesar 4,4% terhadap Kecenderungan Perilaku Asertif. Hal ini
menunjukkan adanya hubungan Kematangan Emosi dan Harga Diri dengan Kecenderungan
Perilaku Asertif pada Siswa Kelas X di SMA Kartini 1