Analisis Strategi Pemberdayaan UMKM Berbasis One Village One Product (OVOP) di Desa Tahunan Kabupeten Jepara

  • Diva Cinta Asmara Universitas Wahid Hasyim
  • Putri Indah Miftakhul Aini Universitas Wahid Hasyim
  • Adibul Asna Universitas Wahid Hasyim
  • Ratih Pratiwi Universitas Wahid Hasyim
  • Fadjar Setiyo Anggraeni Universitas Wahid Hasyim

Abstrak

Pada upaya pengembangan perekonomian di Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) telah mampu ikut bersaing dan berkontribusi dalam menopang ekonomi daerah dan
menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi jumlah pengangguran dan mengurangi
tingkat kemiskinan. Program One Village One Product (OVOP) merupakan kebijakan dalam
memberdayakan potensi ekonomi melalui pemberdayaan suatu daerah melalui Usaha Mikro Kecil
dan Menengah (UMKM) . Melalui program OVOP diharapkan dapat mewujudkan
pertumbuhan ekonomi sebuah Bangsa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali
informasi mengenai strategi pemberdayaan UMKM berbasis One village One Product (OVOP)
melalui pengembangan usaha pada UMKM Seni Ukir Desa Tahunan Kabupaten Jepara.Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan kajian dokumen. Analisis data
pada penelitian inidilakukan denganmenggunakan metode pengumpulan data, reduksidata, display
data, dan triangulasidata.Hasildaripenelitian ini mengadakan pelatihanmengukir untuk anak-anak
muda dan wisatawan.Desa Tahunanmenjaga kualitas produkdanpeningkatan inovasivariasimotif
oleh pengrajin ukiran dengan tetapmempertahankan ciri khas keklasikan yang telah dimiliki ukiran
Desa Tahunan oleh para pengerajin untuk menjaga eksistensi produk di pasaran.

Diterbitkan
2024-10-01